Pages

Friday, September 25, 2015

Cara Mudah Menulis Artikel yang Bagus untuk Blog



Bagi blogger, sebutan untuk orang-orang yang memiliki blog, tentunya menulis sebuah artikel (atau sebutan lainnya) untuk di posting pada blog yang dikelola adalah sudah menjadi suatu kebutuhan. Apalagi saat ini ada istilah “content is the king” yang dapat diartikan bahwa inti utama dari sebuah blog terletak pada konten/artikel yang ada didalamnya. Akan tetapi artikel yang diposting tentunya bukan  sembarangan artikel, jika blog nya ingin eksis. Dalam tulisan kali ini, saya akan mengulas tentang artikel yang bagus untuk blog.

Syarat utama artikel yang bagus untuk blog adalah artikel harus original, artinya artikel yang dibuat benar-benar asli buatan sendiri, bukan hasil plagiasi atau  sekedar kopi-paste dari tulisan lain atau dari blog/website lain. Panjang tulisan atau artikel untuk blog sebaiknya kurang lebih 300 kata, atau antara 300-500 kata. Jadi untuk sekali posting artikel di blog tidak perlu seperti membuat makalah 10 sampai 15 halaman. Jika kita memiliki bahan hingga 15 halaman untuk membuat artikel, sebaiknya dapat dikembangkan menjadi beberapa artikel yang bisa di posting secara bertahap, yang tentunya akan semakin memperkaya konten blog kita.

Syarat berikutnya untuk membuat artikel yang bagus untuk blog adalah Good Grammar, Spelling Oke, dan Lolos CopyScape. Maksud dari persyaratan tersebut adalah, kita harus membuat tulisan yang bagus yang memenuhi kriteria sebagai tulisan yang memiliki tata bahasa yang baik dan ejaannya juga benar, meskipun tidak harus memenuhi kaedah tulisan ilmiah, karena tulisan untuk blog dan tulisan ilmiah memiliki karateristik yang berbeda. Lolos CopyScape yang dimaksud disini, jika tulisan kita atau halaman blog kita di cek di website Copyscape.com, (halaman) blog kita tergolong blog yang original/unik, bukan blog/web yang sama dengan yang lain.

Dengan 300-500 kata seperti yang telah disebutkan di atas, artikel yang bagus untuk blog yang kita buat bisa terdiri dari 3-5 paragrap. Di setiap paragraf nya harus terdapat setidaknya masing-masing 1 key word atau kata kunci yang kita bidik. Penulisan kata kunci sebaiknya memenuhi kriteria berikut: pada paragrap 1, posisi kata kunci ada di awal paragraf. Pada paragrap ke 2, 3, atau seterusnya (bukan paragraf terakhir), posisi kata kunci bebas di letakkan di mana saja, tapi setidaknya ada 1 kata kunci di setiap paragraf. Adapun pada paragrap akhir, posisi kata kunci sebagiknya ada di akhir paragraf. Disamping itu yang juga tidak terlewatkan adalah dalam judul artikel, harus  mengandung kata kunci. Untuk memperjelas kata kunci yang kita bidik, sebaiknya kata kunci tersebut di tulis dengan di tebalkan (Bold), dimiringkan (italic), atau di beri garis bawah (underline).

Berikut contoh beberapa artikel yang memenuhi persyaratan artikel yang bagus untuk blog:

0 comments:

Post a Comment

Study Case 120 Juta Lebih Dari Affiliate Lokal 728x90