Pages

Friday, September 25, 2015

Tutorial Cara Membuat Blog di blogger.com Bagi Pemula



Sebelum mengulas secara detail Cara membuat blog di blogger.com, ada baiknya kita membahas apa sebenarnya blog itu. Blog adalah istilah lain dari weblog yaitu suatu bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan (yang biasa disebut dengan istilah posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan tersebut biasanya dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak semuanya begitu. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Blog).

Cara membuat blog di blogger.com saat ini berbeda dengan pada awal berkembangnya blogger.com. Pada masa itu, untuk daat memanfaatkan layanan blogger.com, user dapat menggunakan email dengan platform apapun. Akan tetapi pada saat ini, untuk menggunakan layanan blogger.com, user harus memiliki akun google sebagai syarat membuat blog di blogger.com. Sehingga untuk dapat menggunakan layanan blogger.com, kita harus sudah memiliki akun google.
Berikut akan saya jelaskan langkah-langkah cara membuat blog di blogger.com, sebagai berikut:
Langkah pertama adalah buka alamat www.blogger.com, kemudian Login dengan akun google yang sudah kita miliki, misal saya menggunakan email seperti berikut:

Setelah itu, kita masuk ke dashboard blogger.com. untuk membuat blog baru, kita Klik “new blog” pada bagian kiri blog

Langkah berikutnya adalah inti dari cara pembuatan blog di blogger.com ini, ada 3 hal yang harus dilengkapi, yaitu:
Pertama, Isi Title Blog. dalam contoh ini, Title blog saya isi dengan judul "Forum Ibu Hamil - Info Seputar Kehamilan".
  Kedua Tulis alamat Blog, yang dalam contoh ini adalah: http://tandapastihamil.blogspot.com. Pada saat mengisi alamat blog, pastikan ada tanda centang () dan tulisan "This blog address is available.
      Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah pilih template. Sementara pilih template standar yang ada di blogger. Jika kita ingin mengubah template blog, nanti kita bisa mengeditnya. Setelah memilih template, kita klik tombol "create blog", dan blog kita sudah jadi, dengan tampilan dashboardnya seperti berikut:
Untuk melihat tampilan blog yang sudah kita buat, klik tombol "view blog / lihat blog", maka akan muncul tampilan peperti gambar di bawah ini:

Langkah mudah cara membuat blog di blogger.com telah diuraikan di atas, jika masih belum jelas, silahkan tonton video cara membuat blog di blogger.com melalui link berikut:

Contoh beberapa blog yang di buat menggunakan blogger.com: 
Selamat mencoba dan terus berkarya...    

0 comments:

Post a Comment

Study Case 120 Juta Lebih Dari Affiliate Lokal 728x90